Archives

2021

Cover Page

Vol 10, No 1 (2021): April 2021

Pandemi Covid-19 telah melanda diseluruh belahan dunia, dampak yang ditimbulkan tidak sekedar menyentuh aspek kesehatan melainkan mempengaruhi seluruh aspek kehidupan yang ada, tidak terkecuali juga terhadap aspek hukum. Melalui Jurnal Rechtsvinding Volume 10 Nomor 1 Tahun 2021 berupaya mengulas dalam aspek hukum berbagai dinamika dan perkembangan hukum pada masa pandemi Covid-19.

2020

Cover Page

Vol 9, No 3 (2020): Desember 2020

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 9 Nomor 3 Tahun 2020 yang merupakan edisi penutup akhir tahun ini dengan mengangkat tema “Perkembangan dan Problematika Hukum Administrasi Negara”. Tema ini diangkat terkait dengan perkembangan yang terjadi di berbagai sektor belakangan ini yang memberikan pengaruh terhadap perkembangan hukum administrasi negara baik secara teoritis maupun praktis. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa hukum administrasi bersifat dinamis dan terbuka seiring dengan perkembangan kehidupan sosial di tengah-tengah masyarakat.
Cover Page

Vol 9, No 2 (2020): Agustus 2020

Edisi ini menyajikan naskah-naskah yang bertema ”Pembangunan Hukum di Era Digital Dalam Mendukung Industri 4.0”. Pembahasan kebutuhan pembangunan hukum dalam mendukung industry 4.0 merupakan tema yang menarik untuk diangkat pada edisi ini. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat cepat menuntut hukum berkembang dan dapat mengakomodir regulasi yang dapat mendukung perkembangan industry 4.0 yang mengedepankan teknologi sebagai bagian utama. Artikel dalam edisi kali ini diharapkan dapat memberikan gambaran dinamika hukum dalam era industry 4.0.

Vol 9, No 1 (2020): April 2020

Jurnal Rechtsvinding Volume 9 Nomor 1 Tahun 2020 edisi pertama ini bertema ”Omnibus Law Sebagai Sarana Utama Penataan egulasi”. Isu omnibus law menarik untuk dibahas ditengah ramainya pro kontra pendapat masyarakat maupun pakar hukum. Oleh karena itu, pada edisi kali ini berbagai artikel yang disajikan diharapkan mampu memberikan gambaran dinamika dan perkembangan omnibus law dalam
mendukung agenda Pemerintah dalam penataan regulasi.


2019

Cover Page

Vol 8, No 3 (2019): Desember 2019

Jurnal Rechtsvinding Volume 8 Nomor 3 Tahun 2019 sebagai edisi penutup tahun ini menyajikan naskah-naskah bertema “Reformasi Hukum Pertanahan di Indonesia”. Tema ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk mendukung program reforma agraria yang telah diagendakan oleh Pemerintah Indonesia dari sejak dikeluarkannya Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria hingga saat ini. Pembaruan hukum pertanahan diperlukan selain dalam rangka upaya penyelesaian konflik-konflik sosial dalam masyarakat sekaligus juga untuk mempertegas kepribadian bangsa sebagai sebuah bangsa yang mandiri.
Cover Page

Vol 8, No 2 (2019): Agustus 2019

Jurnal Rechtsvinding Volume 8 Nomor 2 Tahun 2019 mengangkat tema “Pembangunan Hukum Kemaritiman”. Tema ini dipilih dalam rangka mendukung agenda pembangunan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia sebagaimana dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo, yang tentunya upaya tersebut perlu diimbangi dengan pengetahuan terkait dengan perkembangan hukum kemaritiman baik yang terjadi di nasional Indonesia maupun perkembangan-perkembangan yang terjadi di dunia Internasional, dan Jurnal Rechtsvinding pada edisi ini berusaha memberikan pengetahuan perkembangan hukum kemaritiman tersebut.
Cover Page

Vol 8, No 1 (2019): April 2019

Jurnal Rechtsvinding Volume 8 Nomor 1 Tahun 2019 menyajikan naskah-naskah bertema “Hukum Tidak Tertulis dalam Sistem Hukum Nasional”. Tema ini diambil sebagai bagian dalam pengakuan atas keberadaan hukum tdak tertulis yang hidup dalam masyarakat, sepert hukum adat, hukum Islam, hukum internasional dan hukum kebiasaan. Arah pembangunan hukum nasional adalah unifkasi hukum yang mengarah pada pembinaan peraturan perundang-undangan yang lengkap atas dasar nilai-nilai dan budaya bangsa sendiri. Bekerjanya hukum tdak tertulis terhadap pembinaan hukum adalah sebagai sumber bagi pembentukan hukum tertulis, sedang terhadap praktek peradilan bekerjanya hukum tdak tertulis menjadi sumber pertmbangan hakim dalam memutuskan suatu perkara (hakim sebagai rechtsvinding). Berbagai artkel yang tersaji dalam edisi kali ini diharapkan mampu memberikan arah dan gambaran perkembangan hukum tdak tertulis sebagai bagian dari sistem hukum nasional.

2018

Cover Page

Vol 7, No 3 (2018): Desember 2018

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 7 Nomor 2 pada Agustus 2018 dengan mengangkat tema “ Membangun Regulasi Pusat dan Daerah yang Mendukung Kemudahan Berusaha dalam Sistem Hukum Nasional”.
Cover Page

Vol 7, No 2 (2018): Agustus 2018

Jurnal Edisi kedua pada tahun 2018 ini mengangkat tema "Perkembangan Hukum antar Tata Hukum dalam Mendukung Pembangunan Ekonomi Nasional di Era Global"
Cover Page

Vol 7, No 1 (2018): April 2018

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 7 Nomor 1 Tahun 2018 terbit sebagai edisi pembuka di tahun 2018 dengan menyajikan naskah-naskah bertema “Peran Lembaga Peradilan dan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa dalam Mendukung Pembangunan Ekonomi Nasional”. Tema yang diangkat pada edisi kali ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk menjamin kepastian hukum serta menegakkan, mempertahankan dan menjamin ditaatinya ketentuan hukum materiil dalam praktik melalui perantaraan peradilan.  Dalam RPJMN 2015-2019, sasaran yang hendak dicapai dalam pembangunan bidang hukum adalah meningkatnya kualitas penegakan hukum, mewujudkan sistem hukum yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel dengan didukung oleh aparat penegak hukum yang profesional dan berintegritas.

2017

Vol 6, No 3 (2017): Desember 2017

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 6 Nomor 3 sebagai edisi penghujung tahun 2017 dengan mengangkat tema “Peran Hukum dalam Mendukung Kemudahan Berusaha (Ease of Doing Business) dalam rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat”. Tema ini diangkat sebagai respon salah satu fokus kebijakan Presiden Joko Widodo melakukan penataan regulasi untuk mendukung kemudahan berusaha di Indonesia serta meningkatkan peringkat Ease of Doing Business yang merupakan salah satu barometer pembangunan di sektor ekonomi.

Cover Page

Vol 6, No 2 (2017): Agustus 2017

Jurnal Rechtsvinding Volume 6 Nomor 2 ini menyajikan tema "Penegakan Hukum dalam rangka Penataan Ruang guna Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan"
Cover Page

Vol 6, No 1 (2017): April 2017

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 6 Nomor 1 Tahun 2017 telah menggunakan sistem Open Journal System secara penuh. Edisi pembuka di tahun 2017 ini mengangkat tema “Membangun Sistem Hukum yang Mendukung Terwujudnya Keadilan untuk Kedamaian (justice for peace)”. Tema ini sangat penting diangkat untuk mendukung terciptanya justice for peace dan sekaligus sejalan dengan agenda Nawacita Pemerintah yang ingin memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial.

2016

Cover Page

Vol 5, No 3 (2016): December 2016

Jurnal Rechtsvinding Volume 5 Nomor 3 Tahun 2016 menyajikan naskah-naskah bertema “Peran Hukum dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat”. Tema ini sejalan dengan RPJMN 2015-2019, yang menegaskan bahwa pembangunan Indonesia di arahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat dalam pembangunan.
Cover Page

Vol 5, No 2 (2016): August 2016

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 5 Nomor 2 Tahun 2016 terbit dengan menyajikan naskah-naskah bertema “Evaluasi Hukum Pengelolaan Keuangan Negara”. Isu pengelolaan keuangan negara merupakan isu penting yang terus bergulir sejak era reformasi, hal ini ditunjukan dengan komitmen pemerintah untuk memenuhi prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) termasuk di dalamnya mengenai tata kelola keuangan negara. Melalui JRV edisi ini tersaji beberapa gagasan pemikiran yang merupakan wujud dari evaluasi pengelolaan keuangan negara yang ada saat ini.
Cover Page

Vol 5, No 1 (2016): April 2016

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 5 Nomor 1 Tahun 
2016 hadir sebagai edisi pembuka di tahun 2016 dengan menyajikan naskah-naskah bertema “Penegakan Hukum dalam Menjaga Keamanan dan Kedaulatan Negara”. Tema yang diusung pada edisi kali ini sejalan dengan salah satu agenda prioritas dalam RPJMN 2015-2019 dan Nawacita dalam rangka menghadirkan negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh bangsa. Isu penegakan hukum dan keamanan menjadi menarik saat ini, mengingat potensi ancaman yang makin berkembang dan kondisi geopilitik global yang bergejolak sehingga melalui gagasan-gagasan yang tertuang dalam JRV Volume 5 Nomor 1 dapat menggugah kita untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan bangsa.

2015

Cover Page

Vol 4, No 3 (2015): December 2015

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 4 Nomor 3 Tahun 2015 ini dapat terbit tepat waktu. Pada edisi penghujung tahun 2015 ini JRV menyajikan artikel-artikel bertema “Dinamika Politik Legislasi di Indonesia”. Tema ini dimaksudkan memberi gambaran pada khalayak bahwa proses politik legislasi di Indonesia senantiasa dinamis dan berupaya menemukan bentuk ideal dalam konteks pembangunan sistem hukum nasional. Kebutuhan terhadap reformasi regulasi pada setiap sektor memicu desakan untuk melakukan kembali penataan politik legislasi ke dalam bingkai kepentingan Bangsa Indonesia sehingga diharapkan akan menghasilkan regulasi yang tepat dan mampu mewujudkan tertib sosial serta mengoptimalkan kinerja 
penyelenggara negara.
Cover Page

Vol 4, No 2 (2015): August 2015

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 4 Nomor 2 Tahun 2015 ini bisa diterbitkan dengan menyajikan artikel-artikel bertema “Perkembangan Hukum Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia”. Tema ini dipilih mengingat isu pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup (SDA LH) menjadi perbincangan nasional yang masih berpolemik hingga saat ini. Beragam kasus yang terjadi mulai dari konflik masyarakat lokal dengan investor, pencemaran lingkungan, hingga kasus kebakaran hutan semakin menunjukkan bahwa persoalan ini harus ditangani secara lebih serius dan menempatkannya sebagai prioritas pembangunan, termasuk pembangunan hukum nasional sebagaimana dimanatkan oleh Pasal 33 ayat (3) UUD NRI 1945 agar pengelolaan SDA harus berorientasi kepada konservasi untuk menjamin kelestarian dan keberlanjutan fungsi SDA, dengan menggunakan pendekatan yang bercorak komprehensif dan terpadu.
Cover Page

Vol 4, No 1 (2015): April 2015

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 4 Nomor 1 Tahun 2015 ini bisa diterbitkan dengan menyajikan artikel-artikel bertema ”Dinamika Hukum Pemilihan Kepala Daerah”. Tema ini dipilih mengingat dinamika yang sangat cepat terkait dengan hukum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

2014

Cover Page

Vol 3, No 3 (2014): December 2014

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 3 Nomor 3 Tahun 2014 ini bisa diterbitkan dengan menyajikan artikel-artikel bertema “Arah Politik Hukum Pemberantasan Korupsi Era Kepemimpinan Nasional Baru”. Tema ini dipilih dengan harapan agar berbagai gagasan dalam edisi kali ini dapat menjadi referensi alternatif kepemimpinan nasional baru dalam menentukan arah pemberantasan korupsi.

Vol 3, No 2 (2014): August 2014

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 3 Nomor 2 Tahun 2014 ini bisa diterbitkan dengan menyajikan artikel-artikel bertema “Kesiapan Hukum Nasional Dalam Menghadapi ASEAN Community 2015”. Tema ini dipilih mengingat semakin mendekatnya pelaksanaan ASEAN Community 2015, tetapi masih banyak persoalan yang belum diselesaikan, baik secara yuridis maupun struktural.

Cover Page

Vol 3, No 1 (2014): April 2014

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 3 Nomor 1 Tahun 2014 ini dapat diterbitkan dengan menyajikan artikel-artikel bertema ”Refleksi dan Evaluasi Sistem Pemilu di Indonesia”. Tema ini dipilih mengingat tahun 2014 adalah tahun dilaksanakannya Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia, baik untuk anggota legislatif di DPR, DPD, DPRD maupun Presiden dan Wakil Presiden.

2013

Cover Page

Vol 2, No 3 (2013): December 2013

Jurnal RechtsVinding (JRV) Volume 2 Nomor 3 Tahun 2013 ini dapat diterbitkan dengan menyajikan artikel-artikel bertema “relasi hukum dan politik”. Tema ini dipilih mengingat semakin mendekatnya hubungan antara hukum dan politik akhir-akhir ini.
Cover Page

Vol 2, No 2 (2013): August 2013

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 2 Nomor 2 Tahun 2013 ini bisa diterbitkan dengan menyajikan artikel-artikel bertema ”Restorative Justice”. Tema ini dipilih mengingat semakin menguatnya semangat masyarakat untuk menyelesaikan sengketa atau perkara yang ada dengan menggunakan mekanisme ini. Restorative Justice menjadi 
wacana yang sangat popular di tengah kejenuhan masyarakat yang melihat hukum formal didominasi 
aliran pemikiran positivisme dan tidak bisa optimal mengakomodir rasa keadilan masyarakat.
Cover Page

Vol 2, No 1 (2013): April 2013

Jurnal Rechtsvinding (JRV) Volume 2 Nomor 1 Tahun 2013 ini bisa diterbitkan dengan menyajikan artikel-artikel bertema “bantuan hukum”. Tema ini dipilih agar isu bantuan hukum yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum mendapatkan pengkayaan gagasan sehingga implementasinya lebih terjaga.

1 - 25 of 28 Items     1 2 > >>