Urgensi Penguatan BNPT dalam rangka Menjaga Keamanan dan Kedaulatan Negara

Achmadudin Rajab

Abstract


Aksi terorisme yang terjadi di Ibu Kota Jakarta pada 14 Januari 2016 yang lalu menunjukkan antisipasi dan penanggulangan terorisme yang ada saat ini masih belum optimal. Pasca kejadian tersebut muncul desakan untuk merevisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 yang bertujuan untuk optimalisasi penanggulangan terorisme. Penelitian ini berupaya menilai urgensi penguatan BNPT dalam rangka menjaga keamanan dan kedaulatan negara khususnya terhadap penanggulangan terorisme. Dengan menggunakan metode yuridis normatif, penelitian ini menunjukan revisi undang-undang tersebut perlu dilakukan agar penanggulangan terorisme menjadi efektif dan semakin baik. Selain itu hal penting untuk dilakukan yaitu menguatkan peran BNPT yang saat ini masih memiliki kekurangan antara lain dari sisi kewenangan dan landasan operasionalnya. Oleh karena itu penguatan BNPT yaitu dengan memformulasikan ulang kelembagaan dan kewenangannya dalam rangka menjaga keamanan dan kedaulatan negara dari ancaman terorisme.

The act of terror which happened on the 14th January 2016 ago in Jakarta shows that our current anticipation on combating terrorism is not optimal yet. After the incident, there’s pressure to the government to revise Law Number 15 Years 2003 in order to optimize the counterterrorism effort. This study will try to measure the urgency on strengthening the National Counterterrorism Agency in order to maintain state security and sovereignty, especially on counterterrorism issue. Using normative juridical method, this study shows that the law needs to be revised to make better and more effective counterterrorism attempt. Beside that, it is also important to strengthen the role of the National Counterterrorism Agency which now still has lack in many aspects such as institutional authority and operational ground.

To strengthen the National Counterterrorism Agency, there is need to reformulate the agency’s institutional authority in order to keep the state against the threat of terrorism.


Keywords


terrorism , security, sovereignty , institution

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33331/rechtsvinding.v5i1.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.