KEBIJAKAN AFIRMATIF BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI BIDANG KEKAYAAN INTELEKTUAL

Eka NAM Sihombing

Abstract


Mengingat peran Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang sangat strategis dalam perekonomian nasional di mana kegiatan usahanya mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, maka perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) harus dapat dimanfaatkan secara optimal oleh UMKM. Uraian mengenai kebijakan affirmatif yang seharusnya diberlakukan bagi UMKM di bidang Kekayaan intelektual menjadi obyek yang menarik untuk dikaji. Dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif terhadap pemanfaatan sistem HKI bagi UMKM, hasil kajian menemukan beberapa hambatan dalam pemanfaatan sistem HKI oleh UMKM yang disebabkan karena beberapa faktor, antara lain: prosedur pendaftaran yang panjang dan kompleks, biaya registrasi/pendaftaran yang mahal dan lemahnya penegakan hukum bagi pelanggaran HKI. Untuk itu perlu diberikan keistimewaan bagi UMKM khususnya di bidang kekayaan intelektual melalui kebijakan-kebijakan affirmatif yang harus segera diwujudkan guna mendukung pemajuan usaha UMKM dengan melakukan percepatan perubahan berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait dengan HKI.


Keywords


kebijakan afirmatif; Kekayaan Intelektual; UMKM

Full Text:

PDF

References


Buku

Abdul Kadir Muhammad, Kajian Ekonomi Hak Kekayaan Intelektual, (Citra Aditya Bakti, Bandung, 2007)

Djulaeka, Konsep Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (Perspektif Kajian Filosofis HaKI Kolektif Komunal), (Setara Press, Malang, 2014)

Endang Purwaningsih, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan Lisensi, (Mandar Maju, Bandung. 2012)

Imas Rosidawati Wiradirja dan Fontian Munzil, Pengetahuan Tradisional dan Hak Kekayaan Intelektual (Perlindungan Pengetahuan Tradisional Berdasarkan Asas Keadilan Sui Generis Intellectual Property System), (Refika Aditama, Bandung, 2018)

Joenaidi Efendi dan Johnny Ibrahim, Metode Penelitian Hukum (Normatif dan Empiris), (Prenada Media, Cet. Kedua, Jakarta, 2018)

Peter Mahmud Marzuki, Penelitian Hukum, (Prenadamedia Group, Jakarta, 2011)

Rachmawan Budiarto, dkk, Pengembangan UMKM antara Konseptual dan Pengalaman Praktis, (Gadjah Mada University Press, Yogyakarta 2015)

Makalah/Artikel/Prosiding/Hasil Penelitian

Ade Irawan Taufik, Evaluasi Regulasi Dalam Menciptakan Kemudahan Berusaha Bagi UMKM, Jurnal Rechtsvinding, Volume 6, Nomor 3, Desember 2017

Hendri Sayuti, Hakikat Affirmative Action dalam Hukum Indonesia (Ikhtiar Pemberdayaan yang Terpinggirkan), Jurnal Menara, Vol. 12 Nomor 1 Januari-Juni 2013

Marten Bunga, Konsepsi Affirmative Action sebagai Bentuk Penerapan Equality Before The Law dalam Mewujudkan Demokrasi Di Indonesia, Jurnal Legalitas Vol. 7 Nomor 1 Pebruari 2014

Pradnya Paramita Hapsari, et.al, Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintah Kota Batu), Jurnal Wacana Vol. 17, No. 2 (2014).

Sihombing, Eka NAM dan Nur Fatmah G, Mendorong Keterwakilan Perempuan di Lembaga Legislatif, Jurnal Legislasi, Vol. 9 Nomor 4 Desember 2012

Sinaga, V. Selvie Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Penggunaan Hak Kekayaan Intelektual di Kalangan Usaha Kecil Menegah Batik, Jurnal Hukum Ius Quia Iustum Nomor 1 Volume 21 Januari 2014.

Supriyanto, Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 3 Nomor 1, April 2006

Internet :

Candra Purnama, Perlindungan Hukum Produk UMKM melalui HKI (Hak Kekayaan Intelektual), dalam http://dinkop-umkm.jatengprov.go.id/assets/upload/files/HAK%20MEREK%20UMKM.pdf http://www.hukumonline.com/klinik/detail/cl6904/affirmative-action (diakses 05 Agustus 2018)

Sean Matthew, Analisis Terhadap Pengaturan Hukum Hak Merek Yang Dijaminkan Melalui Mekanisme Fidusia dalam http://kanalhukum.id/kanalis/analisis-terhadap-pengaturan-hukum-hak-merek-yang-dijaminkan-melalui-mekanisme-fidusia/43 (diakses tanggal 06 Agustus 2018)

Sudaryanto, dkk, Strategi Pemberdayaan UMKM Menghadapi Pasar Bebas Asean, dalamhttps://www.kemenkeu.go.id/sites/default/files/strategi%20pemberdayaan%20umkm.pdf (diakses tanggal 05 Agustus 2018)

Ini dia yang sering dilanggar dalam bidang Kekayaan Intelektual, dalam https://legaleraindonesia.com/ini-dia-yang-sering-dilanggar-dalam-bidang-hak-kekayaan-intelektual/ (diakses 06 Agustus 2018)

Ini Kontribusi Koperasi dan UMKM Terhadap PDB Nasional 2017 dalam https://legaleraindonesia.com/ini-kontribusi-koperasi-dan-umkm-terhadap-pdb-nasional-2017/ (diakses 05 Agustus 2018)

Paparan Kepala Dinas Kopersai dan UKM Provinsi Sumatera Utara pada Rakornas Bidang KUMKM TAhun 2018, dalam http://www.depkop.go.id/uploads/tx_rtgfiles/10._Paparan_Rakornas_Yogyakarta_2018_-_Sumatera_Utara.pdf

Pentingnya Kekayaan Intelektual dalam Dunia Usaha dalam http://berinovasi.com/wp-content/uploads/2018/01/Ebook-Pentingnya-Kekayaan-Intelektual-dalam-Dunia-Usaha.pdf (diakses 05 Agustus 2018)

Pentingnya HKI bagi UKM, dalam https://bisnisukm.com/pentingnya-hki-bagi-ukm.html (diakses 06 Agustus 2018)

UMKM Mampu Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, dalam https://ekonomi.kompas.com/read/2018/07/10/200246326/umkm-mampu-dongkrak-pertumbuhan-ekonomi (diakses 05 Agustus 2018)

UKM dapat fasilitas hak cipta & merek gratis, dalam http://keuangan.kontan.co.id/news/3000-ukm-dapat-fasilitas-hak-cipta-merek-gratis (diakses 05 Agustus 2018)

http://www.hukumonline.com/klinik/detail/cl6904/affirmative-action (diakses 01 Agustus 2018)

https://legaleraindonesia.com/ini-kontribusi-koperasi-dan-umkm-terhadap-pdb-nasional-2017/ (diakses 05 Agustus 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.33331/rechtsvinding.v7i3.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.