TANTANGAN HUKUM: KEAKURATAN INFORMASI LAYANAN AI CHATBOT DAN PELINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENGGUNANYA

Gio Arjuna Putra, Vicko Taniady, I Made Halmadiningrat

Abstract


Munculnya teknologi baru Chat GPT telah memberikan kemudahan informasi bagi penggunannya. Namun hal ini justru menyimpan permasalahan mengenai keakuratan informasi yang diberikan. Jelas hal ini sangat bersinggungan dengan kebijakan pelindungan konsumen terhadap ketepatan, keakuratan dan kebenaran informasi yang semestinya mereka dapatkan. Guna mendapatkan analisis yang komprehensif, penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konstruksi pengaturan hukum AI Chatbot kaitannya pada aspek pelindungan konsumen di Indonesia terbagi atas dua rezim pengaturan yang saling berhubungan yakni berdasarkan pengaturan UU Perlindungan Konsumen dan UU ITE beserta pula peraturan-peraturan turunannya. upaya hukum yang dapat dilakukan oleh pengguna layanan AI Chatbot adalah dengan melakukan penyelesaian sengketa secara litigasi maupun non litigasi. Adapun penyelesaian secara non litigasi dilakukan dengan mengajukan keluhan terlebih dahulu kepada customer service (contact centre) masing-masing layanan AI Chatbot untuk selanjutnya dilakukan upaya penyelesaian secara non litigasi. Sedangkan untuk penyelesaian secara litigasi dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan ketentuan choice of forum yang telah disepakati para pihak sebagaimana tertuang dalam ketentuan layanan AI Chatbot. Sebaiknya Pemerintah mesti memastikan seluruh layanan AI Chatbot yang beroperasi di Indonesia dengan kriteria tertentu telah didaftarkan dan diperiksa keandalan sistemnya. Disamping itu penting pula untuk melakukan pemeriksaan atas kesesuaian ketentuan layanan setiap PSE dengan ketentuan perundang-undangan di Indonesia, mengingat ketentuan layanan merupakan alas hukum dari hubungan hukum antara PSE dengan pengguna layanan elektronik.


Keywords


AI Chatbot Service; Information Accuracy; Service User Protection

Full Text:

PDF

References


A. Buku

Soekanto, Sorjono dan Mamudji, Sri, Penelitian Hukum Normatif, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011)

Wardiono, Kelik, Perjanjian Baku, Klausul Eksonerasi dan Konsumen: Beberapa Uraian Tentang Landasan Normatif, Doktrin dan Praktiknya, (Yogyakarta: Ombak Dua, 2014)

B. Makalah/Artikel/Prosiding/Hasil Penelitian

Abonizio, Hugo Queiroz et al., “How people interact with a chatbot against disinformation and fake news in COVID-19 in Brazil: The CoronaAI case,†International Journal of Medical Informatics 177 (2023)

Adam, Martin., Wessel, Michael dan Benlian, Alexander, “AI-based chatbots in customer service and their effects on user compliance,†Electronic Markets 31, no. 2 (2021)

Adamopoulou, Eleni dan Moussiades, Lefteris, “Chatbots: History, technology, and applications, †Machine Learning with Applications 2 (2020)

Andira, Cahyani, Lintang dan Hariyani, Iswi, "Keabsahan Kontrak Elektronik Dalam Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi," Jurnal Ilmu Kenotariatan 1, no. 2 (2020)

Boykin dan Davis, Deborah, "Survey of E-Contracting Cases: Browsewrap, Clickwrap, and Modified Clickwrap Agreements," The Business Lawyer 68, no. 1 (2012)

Chowdhury, Gobinda G., “Natural language processing, †Annual Review of Information Science and Technology 37, no. 1 (2003)

Colcelli, Valentina, "Reversing Ubi Jus ibi Remedium in Civil Law: The Italian Case of Consumer Protection," European Review of Private Law 18, no. 1 (2010)

Dwivedi, Yogesh K. et al., “Opinion Paper: ‘So what if ChatGPT wrote it?’ Multidisciplinary perspectives on opportunities, challenges and implications of generative conversational AI for research, practice and policy,†International Journal of Information Management 71 (2023)

Li, Yuanyao et al., “Jennifer for COVID-19: An NLP-Powered Chatbot Built for the People and by the People to Combat Misinformation†(Makalah ini dimuat dalam Proceedings of the 1st Workshop on NLP for COVID-19 at ACL 2020)

Memi, Cut, "Penyelesaian Sengketa Kompetensi Absolut Antara Arbitrase Dan Pengadilan," Jurnal Yudisial 10, no. 2 (2017)

Misischiaa, Chiara Valentina, Flora Poeczeb dan Christine Strauss, “Chatbots in Customer Service: Their Relevance and Impact on Service Quality,†Procedia Computer Science 201 (2022)

Muhasan, Imam. "Menakar Ulang Spesialitas Hukum Pajak Dalam Lapangan Hukum Di Indonesia: Tinjauan Atas Penerapan Kompetensi Absolut Dalam Penyelesaian Sengketa Pajak," Jurnal Pajak Indonesia (Indonesian Tax Review) 1, no. 1 (2017)

Olujimi, Peter Adebowale dan Ade-Ibijola, Abejide, “NLP techniques for automating responses to customer queries: a systematic review,†Discover Artificial Intelligence 3, no. 1 (2023)

Putra, Gio Arjuna “Reformulasi Ketentuan Pengelolaan Data Pribadi sebagai Ius Constituendum dalam Menjamin Perlindungan Data Pribadi Pengguna Layanan Media Sosial,†Jurnal Hukum Lex Generalis 2, no. 8 (2021)

Priowirjanto, Enni Soerjati, “Urgensi Pengaturan Mengenai Artificial Intelligence Pada Sektor Bisnis Daring Dalam Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia,†Jurnal Bina Mulia Hukum 6, no. 2 (2022).

Rese, Alexandra., Ganster, Lena dan Baier, Daniel, “Chatbots in retailers’ customer communication: How to measure their acceptance?,†Journal of Retailing and Consumer Services 56 (2020)

Xiao, Ziang et al,. “Powering an AI Chatbot with Expert Sourcing to Support Credible Health Information Accessâ€, (Makalah disampaikan pada 28th International Conference on Intelligent User Interfaces (IUI ‘23) Sydney, NSW, Australia. ACM, New York, NY, USA 27–31 Maret 2023)

Young, Jacob., Smith, Tyler dan Zheng, Shawn, “Call Me BIG PAPA: An Extension of Mason’s Information Ethics Framework to Big Data,†Journal of the Midwest Association for Information Systems (JMWAIS) 2020, no. 2 (2020)

C. Internet

Burhan, Fahmi Ahmad, “Teknologi Chatbot Digandrungi, Pengguna Startup Kata.ai Tumbuh 170%â€, Katadata, https://katadata.co.id/yuliawati/digital/6295e9c6832d5/teknologi-chatbot-digandrungi-pengguna-startup-kataai-tumbuh-170 (diakses 12 Juli 2023)

Doni, "Penyelenggara Sistem Elektronik Wajib Mendaftarkan Diri sebelum 20 Juli 2022", Kementerian Komunikasi dan Informatika, http:///content/detail/43044/penyelenggara-sistem-elektronik-wajib-mendaftarkan-diri-sebelum-20-juli-2022/0/artikel (diakses 18 Juli 2023)

Diakses melalui https://platform.openai.com/onboarding?next=%2Fapps (diakses 18 Juli 2023)

Diakses melalui https://openai.com/policies/terms-of-use (diakses 18 Juli 2023)

Diakses melalui https://www.theverge.com/2023/6/9/23755057/openai-chatgpt-false-information-defamation-lawsuit (diakses 18 Juli 2023)

Kaonang, Glenn, “Kuartal Pertama 2023, Jumlah Unduhan Aplikasi Chatbot AI Naik 1500%â€, Hybrid, https://hybrid.co.id/post/jumlah-unduhan-aplikasi-chatbot-ai-naik-1500-persen (diakses pada 12 Juli 2023)

Lomas, Natasha, “UK’s approach to AI safety lacks credibility, report warnsâ€, TechCrunch, https://techcrunch.com/2023/07/17/ada-lovelace-institute-report-on-uk-regulating-ai/ (diakses 13 Juli 2023)

Prasasti, Giovani Dio, "Riset Ungkap Chatgpt Openai Punya 100 Juta Pengguna di Januari2023", Liputan6, https://www.liputan6.com/tekno/read/5197530/riset-ungkap-chatgpt-openai-punya-100-juta-pengguna-di januari-2023 (diakses 18 Juli 2023)

Thorbecke, Catherine, “ChatGPT maker OpenAI faces a lawsuit over how it used people’s dataâ€, CNN Business, https://www.cnn.com/2023/06/28/tech/openai-chatgpt-microsoft-data-sued/index.html (diakses 18 Juli 2023)

Wicaksono, Arif, “Jepang Peringatkan Bahaya Chat GPTâ€, Media Indonesia, https://www.metrotvnews.com/read/NG9C56jz-jepang-peringatkan-bahaya-chat-gpt (diakses 13 Juli 2023)

D. Peraturan Perundang-Undangan

Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Undang-undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik




DOI: http://dx.doi.org/10.33331/rechtsvinding.v12i2.1258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.